Unisma-UM Dampingi Sertifikat Halal Self Declare Paguyuban Kripik Tempe Sanan

Berita

Repost – Tugu Malang (8 September 2022)

MALANG – LP3H Universitas Islam Malang (Unisma) bekerja sama dengan Universitas Negeri Malang (UM) dan Paguyuban Kripik Tempe Sanan Kota Malang melaksanakan pendampingan Sertifikasi Halal Self Declare, di Gedung FEB UM, pada Senin (29/8/2022).

Kegiatan ini melibatkan 20 pelaku usaha kripik tempe yang berdomisili di Sentra Industri Kripik Tempe Sanan, Kelurahan Purwantoro, Kecamatan Blimbing, Kota Malang, selaku peserta.

Diketahui bahwa Sentra Industri Kripik Tempe Sanan sudah terkenal di kalangan masyarakat dan wisatawan domestik. Produk yang digemari oleh pelancong adalah kripik tempe dengan varian rasa yang bermacam-macam mulai dari original, pedas, keju, barbeque, jagung bakar, dan sebagainya.

Pendampingan Sentra Industri Kripik Tempe Sanan. Foto: dok Unisma

Namun di Sentra Industri Kripik Tempe Sanan tidak hanya memproduksi kripik tempe dan juga sagu tempe, tetapi juga memproduksi keripik buah yang juga digemari wisatawan.

Kegiatan ini diawali dengan pembukaan dan pengarahan oleh koordinator kegiatan kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua Paguyuban Kripik Tempe Sanan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Kepala Lab THC Unisma, Hj Novi Arfarita SP MP MSc PhD terkait pengisian SJPH dan pengetahuan halal haram bahan makanan atau minuman. Kemudian dilanjutkan dengan tanya jawab dengan pelaku usaha yang akan didampingi pengurusan self declare.

Pendampingan Sentra Industri Kripik Tempe Sanan. Foto: dok Unisma

Novi juga menjabat sebagai Kepala Lab Terpadu dan Halal Center Unisma. Serta Auditor Halal yang tersertifikasi BPJPH, Trainer Pendamping PPH, Pendamping PPH, juga Dosen Pertanian Unisma.

Novi Arfarita berkecimpung di dunia halal sejak mengenyam pendidikan S-2 di mana tesisnya tentang pembuatan keju halal dengan bidang keahlian bioteknologi pertanian. Sehingga, pengalaman mendampingi pelaku usaha di bidang halal sudah tidak diragukan lagi, sebab ia juga menjadi pendamping dan konsultan halal untuk Horeka Kota Malang sejak tahun 2019. Kegiatan diakhiri dengan penutupan oleh Ketua Pengabdian Masyarakat UM sekaligus Wakil Dekan II FEB UM, Dr Hj Puji Handayani SEAk MM CA CMA dan dilanjutkan dengan foto produk dari pelaku usaha

Pendampingan Sertifikasi Produk Halal. Foto: dok Unisma

Selanjutnya, disusul dengan pendampingan oleh tim LP3H Unisma dalam pengurusan self declare. Pendamping-pendamping yang ditugaskan melakukan verifikasi dan validasi data serta proses yang telah disampaikan oleh pelaku usaha. Serta mengupdate dalam laman sihalal.

“Tujuan dari kegiatan ini adalah menyukseskan program sertifikasi halal untuk UMK dan mendorong produksi oleh-oleh khas Malang yang sudah bersertifikat halal. Terlebih, pimpinan Unisma mendukung kegiatan self declare untuk pelaku usaha mikro dengan memberikan suport penuh dalam setiap kegiatan yang dilaksanakan,” jelas Novi.(ads)