Halal Center Unisma Malang Gelar Pelatihan Proses Sertifikasi Halal Periode III

Tak Berkategori

TIMESINDONESIA, MALANG – Halal Center Unisma Malang menggelar Pelatihan Proses Produksi Halal periode 3 yang diikuti oleh UMK Produsen Olahan makanan dan minuman di Malang Raya, Rabu (13/12/2023).

Kepala Halal Center Unisma, Hj. Novi Arfarita, SP, MP, M.Sc, Ph.D yang turut hadir dalam pembukaan acara tersebut menjelaskan tentang proses sertifikasi halal di Indonesia yang dibedakan menjadi dua jalur yaitu Reguler dan Self Declare.

Pelaku Usaha yang mengikuti kegiatan ini memiliki produk kopi, sambal, camilan, olahan susu kambing, produk bakery, Restoran Ocean Garden, dan Produsen Susu Olahan, KUD “Sumber Makmur” Ngantang, Kabupaten Malang. 80% peserta yang hadir sudah mendaftarkan produknya sertifikasi halal dan sudah terbit sertifikat melalui selfdeclare. Pelatihan ini memiliki tema “Kesadaran Halal melalui Pelatihan Proses Halal (PPH) untuk Pelaku Usaha UMK Makanan dan Minuman Olahan di Malang”, selain diikuti peserta yang mendaftarkan produknya melalui selfdeclare. Kegiatan ini juga diikuti oleh pelaku usaha yang mmendaftarkan proses sertifikasi halalnya melalui jalur regular yaitu Ocean Garden Resto dan KUD Sumber Makmur Ngantang.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA DAPAT MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Pelatihan ini merupakan salah satu komponen penting dalam sertifikasi halal bagi pelaku usaha untuk konsistensi pemakaian bahan dan pengetahuan yang baru mengenai titik kritis bahan – bahan yang digunakan selama proses produksi. Bagi pelaku usaha non UMK atau yang memiliki resiko tinggi, pelatihan ini termasuk dalam poin 4 (Materi Pelatihan Internal) Pemenuhan Lampiran SJPH yang disyaratkan dalam proses sertifikasi Halal Reguler.

Seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini sangat antusias dan tertarik dengan materi yang disampaikan. Antusiasme peserta terlihat dari pertanyaan yang ditanyakan dan bahkan ada peserta yang mengikuti kegiatan ini dengan putra balitanya. Sedangkan peserta yang dari Ngantang terlihat datang awal dan menyampaikan berangkat dari Rumah pukul 06.30 WIB. Selain materi tentang titik kritis bahan yang digunakan, disampaikan juga cara pengisian SJPH yang dapat dilakukan oleh seluruh peserta di akun sihalal masing-masing. Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian Sertifikasi Halal yang telah terbit dan sertifikat pelatihan untuk peserta. (*)