Lab. Terpadu dan Halal Center Unisma bekerja sama dengan CDK Malang dalam Program Sertifikasi Halal UKM Kelompok Tani Hutan (KTH)

Berita

Sertifikasi Halal Self Declare

TIMESINDONESIA, MALANG – Di tahun 2023 Unisma Malang konsisten untuk melakukan Pengabdian Masyarakat di Sertifikasi Halal untuk UMK. Gerak cepat menyambut program 1 juta Sertifikasi Sehati 2023. Pada periode November 2022 sampai dengan Januari 2023, Lab. THC Unisma mendampingi Kelompok Tani Hutan (KTH) binaan Dinas Kehutanan Provinsi Jawa Timur wilayah kerja CDK Malang dalam pengurusan Sertifikasi Halal Self Declare hasil produknya.

Produk – produk yang didaftarkan meliputi olahan porang, kopi dan madu hasil hutan di daerah Malang dan Blitar. Pendampingan meliputi penyuluhan tentang produk halal, pengisian di sistem untuk mendaftar sertifikat halal dan juga pemasangan label halal.

Terdapat 7 KTH yang diikutsertakan dalam pendampingan ini yaitu KTH Telaga Abadi dengan produk Keripik Jamur 4 Saudara, KTH Whono Bakti dengan produk Niti Kusumo Kopi, KTH Tunas Kembali dengan produk Madu Wijaya Honey, KTH Jenggala Amarta dengan produk Kopi Bangelan, KTH/KPRH Alam Makmur dengan produk stik Porang Akhoya, KTH Sumber Makmur III dengan produk Kopi Pelosok dan KTH Sido Makmur dengan produk Kopi SIMA.

Pada 11 Januari 2023, perwakilan KTH dan CDK Malang menerima sertifikat Halal yang telah terbit di Lab. Terpadu dan Halal Center Unisma yang diserahkan oleh ibu Hj. Novi Arfarita, S.P., M.P., M.Sc., Ph.D. selaku kepala Lab. THC Unisma.

Ke depannya diharapkan akan lebih banyak lagi UMK maupun Dinas yang dapat memfasilitasi binaannya dalam proses sertifikasi halal, dimana pada tahun 17 Oktober 2024 seluruh produk makanan dan minuman harus sudah bersertifikat halal. (*)

Dikutip dari TIMES INDONESIA