Lab. Biomolekuler

Elektroforesis SDS Page adalah teknik yang digunakan untuk memisahkan rantai polipeptida pada protein berdasarkan kemampuan bergerak dalam arus listrik, yang merupakan fungsi panjang rantai polipeptida atau berat molekulnya. Hal ini dicapai dengan menambahkan detergen SDS dan pemanasan untuk merusak struktur tiga dimensi protein dengan terpecahnya ikatan disulfide, yang selanjutnya direduksi menjadi gugus sulfidihidril. SDS akan membentuk kompelks dengan protein, dan kompleks ini bermuatan negatif karena gugus-gugs organik dari SDS.

Real time PCR (qPCR) (Biorad CFX Connect), merupakan suatu metode biologi molekuler berbasis reaksi rantai polimerase. Metode ini mendeteksi amplifikasi gen target selama proses PCR berlangsung, tidak di akhir reaksi, seperti pada PCR konvensional. qPCR menggunakan fluoresens, dimana peningkatan sinyal fluoresens menunjukkan terjadinya amplifikasi gen target selama proses PCR.

Laminar Air Flow (BIOBASE) adalah meja kerja steril untuk melakukan kegiatan inokulasi/ penanaman. Laminar Air Flow merupakan suatu alat yang digunakan dalam pekerjaan persiapan bahan tanaman, penanaman, dan pemindahan tanaman dari sutu botol ke botol yang lain dalam kultur in vitro.

Microsentrifuge (Benchmark) yaitu alat untuk memutar microtubes khusus dengan kecepatan tinggi. Volume pada microtubes yang dipakai sekitar 0,5 – 2,0 ml.

Microsentrifuge

Refrigerated Centrifuge (Hermle) adalah alat yang digunakan untuk pemisahan / pengendapan bahan yang tersuspensi. Pada bahan suhu dingin, partikel akan membentuk gumpalan yang lebih besar sehingga lebih mudah terpisahkan.

Dry Bath (Benchmark) adalah alat laboratorium untuk membantu optimalisasi proses inkubasi kultur, aktivasi kultur, denaturasi DNA, immunoassay, reaksi enzim dll.

Dry Bath
Vortex

Vortex (Benchmark) adalah alat laboratorium yang digunakan untuk menghomogenkan larutan atau campuran larutan dalam kapasitas kecil melalui proses vibras mekanis berkecepatan tinggi.

Spindown adalah alat laboratorium yang digunakan untuk memisahkan bahan dengan menggunakan prinsip gaya sentrifugas.

Spindown
Hotplate

Hotplate (Benchmark) adalah alat untuk menghomogenkan suatu larutan dengan pengadukan. Pelat (Plate) yang terdapat dalam alat ini dapat dipanaskan sehingga mampu mempercepat proses homogenisasi.

Micropipette (Biorad) adalah  suatu alat yang digunakan untuk mengambil atau memindahkan cairan dalam jumlah kecil secara akurat.

Spectrophotometer UV Vis (Thermoscienctific Genesys 150) merupakan spektrofotometer yang digunakan untuk melakukan pengukuran serapan cahaya di daerah ultraviolet (200 –350 nm) dan sinar tampak (350 – 800 nm) oleh suatu senyawa.