Halal Center Unisma bersama UB, UMM, UIN Malang dan UM Kupas Literasi Jaminan Produk Halal dalam Seminar Nasional

Berita

TIMESINDONESIA, MALANG – Halal center Unisma Malang bersama UB, UMM, UM dan UIN Malang kupas literasi jaminan produk halal melalui seminar, Selasa (8/3/2022).

Seminar dilaksanakan di Aula Gedung A20 Universitas Negeri Malang itu mengangkat tema ‘Literasi Jaminan Produk Halal Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Indonesia’.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid dan dibuka oleh Walikota Malang, Bapak Drs. H. Sutiaji dan Rektor Universitas Negeri Malang, Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd. 

Mohammad Aqil Irham selaku kepala BPJPH Kemenag RI, Prof. Sutomi Ohgata dari Kyusu University Jepang, dan Dr. Rozmiza Binti Bidin dari University Putra Malaysia mengisi sesi 1.

Pada sesi 2 pemateri merupakan ketua Halal Center Perguruan Tinggi di kota Malang, yaitu Universitas Islam Malang, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dan Universitas Muhammadiyah Malang.

Pada kesempatan ini walikota Malang, Drs. H. Sutiaji, menyampaikan apresiasi kepada 5 halal center perguruan tinggi di Kota Malang, karena selain menjalankan tridarma perguruan tinggi juga menguatkan literasi mengenai sertifikasi halal di masyarakat Kota Malang.

“Jangan ada kekhawatiran, bahwa Malang akan menjadi satu agama. Justru, ini pasar-pasar harus kita layani, harus kita kuatkan bersama-sama agar tidak ada kekhawatiran yang macam-macam,” ujarnya.

Keterlibatan perguruan tinggi untuk sertifikasi halal ini ada pada halal center di masing-masing PT. Dengan adanya sertifikasi halal ini, diharapkan mampu memudahkan para Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) untuk mendapatkan sertifikat halal sehingga para wisatawan yang datang ke Kota Malang, merasa terjamin. 

Ketua Halal Center dari masing-masing perguruan tinggi memaparkan tema Jaminan Produk Halal difokuskan pada wisata halal kota Malang, ini berkaitan dengan kegiatan 5 Halal Center yang telah dilaksanakan sejak tahun 2019 sampai sekarang bekerjasama dengan Disporapar Pemkot Malang tentang wisata Halal Kota Malang.

Tema pertama adalah Penguatan Rantai Pasok Penunjang Wisata Halal yang disampaikan oleh Dr. Sucipto, S.TP, MP Manager LPH UB.

Tema yang kedua adalah Strategi Penguatan Wisata Halal Melalui Accompaniment Resto dan Hotel disampaikan oleh Hj. Novi Arfarita, SP, MP, M.Sc, Ph.D Ketua Halal Center Unisma.

Tema ketiga adalah Akselerasi Sertifikasi Halal Bagi Pelaku Usaha dalam Ekosistem Wisata Halal yang disampaikan oleh Dr. Begum Fauziah, S.Si, M.Farm Ketua Halal Center UIN Malang.

Tema keempat adalah,Peran Halal Center mendukung Pengembangan Destinasi Wisata Unggul di Indonesia disampaikan oleh Prof. Elfi Anis Saati, MP Ketua Halal Center UMM.

Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat menjadi tambahan pengetahuan bagi para pelaku wisata Halal diseluruh Indonesia yang menghadiri kegiatan ini (online/daring kurang lebih 500 peserta dan offline/ luring kurang lebih 50 peserta) tidak hanya di kota Malang dan dapat menjadi masukan bagi pemerintah, perguruan tinggi dan pelaku wisata halal terkait jaminan produk halal. Jaminan Produk Halal sendiri akan diterapkan mulai tahun 2024 untuk Makanan dan Minuman disusul tahun 2026 untuk obat dan kosmetik. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *