Menuju Research University, Halal Center Unisma Gelar Workshop Aseptis

Berita

MALANG – Laboratorium Pusat dan Halal Center (PHC) Unisma menggelar workshop seputar Teknik Dasar Aseptis, Isolasi dan Pemurnian Bakteri. Digelar selama dua hari, (19–20/02/2020). Kegiatan ini merupakan fundamental bagi pengembangan SDM menuju Research University.

Menurut Wakil Rektor (WR) I Universitas Islam Malang (Unisma), Prof Drs H Junaidi Mistar MPd, workshop mengenai Teknik Dasar Aseptis ini merupakan dasar untuk mengembangkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang kompeten dalam hal Aseptis, Isolasi dan Pemurnian Bakteri. Workshop dihelat selama dua hari.

“Ini merupakan upaya Unisma untuk meningkatkan SDM yang kompeten. Terutama untuk para dosen, laboran, teknisi dari Fakultas Kedokteran. Juga ini untuk menapaki jalan menuju Research University,” ungkap Prof Junaidi.

Pada kesempatan tersebut, Junaidi juga menyampaikan bahwa kegiatan seperti workshop ini dapat digelar sesering mungkin dan diperbanyak. Kegiatan ini dihadiri dosen, laboran, teknisi dari Fakultas Kedokteran, MIPA, Pertanian, Peternakan dan perwakilan dari mahasiswa S2 Pertanian Universitas Brawijaya Malang.

Pemateri pada kegiatan ini adalah Novi Arfarita, SP, MP, MSc, PhD sekaligus Kepala Laboratorium Pusat dan Halal Center (PHC) Unisma. Hari pertama merupakan penyampaian materi terkait Teknik dasar Aseptis dan Pentingnya Aseptis pada penelitian maupun praktikum terkait mikroba, selanjutnya dilakukan praktik strike pada bakteri dengan teknis dasar aseptis. Pada hari kedua diadakan kegiatan pengamatan hasil dan pewarnaan bakteri untuk melihat kemurnian bakteri tersebut.

“Dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan skill dasar dari laboran, teknisi maupun dosen yang penelitian pada bidang tersebut, serta menambah wawasan dan pengetahuan yang telah disampaikan narasumber, Novi Arfarita, SP, MP, MSc, PhD, sebab ia adalah pakar dan telah lama berkecimpung di bidang Mikrobiologi semenjak S1 di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya, Magister di Thailand dan Doktoral di Jepang,” tutupnya. (rls)

Sumber : https://duta.co/menuju-research-university-halal-center-unisma-gelar-workshop-aseptis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *