Lab. PHC Unisma Upgrade Skill dan Pengetahuan Laboran dan Teknisi Lab. Unisma dengan Teknologi Mikroskop Terkini

Berita

Lab. PHC Unisma Upgrade Skill dan Pengetahuan Laboran dan Teknisi Lab. Unisma dengan Teknologi Mikroskop Terkini

Pada hari Rabu tanggal 20 November 2019 Laboratorium Pusat dan Halal Center Unisma (Lab. PHC) mengadakan workshop mengenai “Teknologi Mikroskop dan Daily Maintenance” yang bertempat di Lab. PHC Unisma. Workshop ini terlaksana atas kerja sama antara Lab. PHC Unisma dengan PT. New Module International (Nikon Microscope). Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk upgrade skill dari laboran dan teknisi yang ada di Unisma terkait alat Mikroskop.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari civitas akademika Unisma antara lain laboran/kepala laboratorium/kaprodi dari Fakultas Pertanian, Peternakan, MIPA dan Teknik. Kegiatan ini dibuka oleh Kepala Lab. Pusat dan Halal Center Unisma (Lab. PHC) Hj. Novi Arfarita, SP., MP., M.Sc., Ph.D. Kemudian dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber dari PT. New Module International (Nikon Microscope).

Terdapat tiga sesi materi dan praktik tentang Mikroskop. Materi pertama disampaikan oleh Bapak Shafi Fauzi Rahman dari PT. New Module International (Nikon Microscope) menjelaskan tentang “Types & Observation of Microscope”. Materi kedua disampaikan oleh Bapak Wahyu Wibowo menjelaskan mengenai “Pengenalan dan Perawatan Microscope Optik (Microscope Binoculare). Kemudian dilanjutkan dengan praktek daily maintenance Microscope bersama dengan Bapak Pujo Hartono sebagai Teknisi Nikon Microscope, namun sejatinya laboran dan teknisi diberikan pengetahuan tentang cara full maintenance mikroskop.

Adanya kegiatan ini diharapkan laboran dan teknisi dapat memanfaatkan mikroskop yang tersedia sesuai dengan fungsinya, selain itu juga dapat dilakukan perawatan rutin untuk mikroskop. Agar mikroskop yang dimiliki dapat dimanfaatkan secara maksimal. Tujuan dari workshop ini antara lain memberikan pengetahuan dan praktik tentang perawatan rutin Microscope di Laboratorium dan juga memberikan informasi tentang perkembangan teknologi Microscope terbaru untuk penelitian seperti softwarefluorescence dan mikroskop electron.

INFORMASI SEPUTAR UNISMA MENGUNJUNGI www.unisma.ac.id

Untuk Lab. PHC sendiri kegiatan ini bermanfaat untuk mengupgrade skill laboran menjalin kerjasama dengan PT. New Module International (Nikon Microscope) untuk dapat dilakukan kegiatan workshop semacam ini di kemudian hari. Kegiatan workshop ini juga mendapat dukungan penuh dari pimpinan beserta jajaran Rektorat Universitas Islam Malang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *